Ada dilema besar saat membeli komputer. Keputusan membawa Anda pada apa, bagaimana, yang mana dan faktor penentu yang bergantung pada Pilihan di luar harga, merek, dan kenyamanan. Dan pilihannya, Desktop atau Laptop? Kita cenderung membuat keputusan yang salah dengan tergesa-gesa dan menyesalinya jika ada yang tidak berjalan dengan baik. Pilihan yang salah sangat tergantung pada pilihan Anda jika Anda memerlukan desktop atau Laptop karena perangkat ini melayani Anda untuk tujuan yang berbeda. Anda baru akan terbukti benar hanya jika perangkat tersebut memenuhi kebutuhan yang Anda perlukan.


Komputer vs Laptop
Komputer vs Laptop

Jadi mari kita lihat bagaimana kedua perangkat bekerja pada persamaan tersebut. Jika Anda tidak menyukai terlalu banyak komponen maka desktop bukanlah hal yang tepat untuk Anda ... ini adalah perangkat yang terdiri dari komponen seperti monitor, CPU, mouse, dan keyboard sambil ditemani oleh speaker. Selain itu, desktop mungkin menjadi alasan ketidaknyamanan tetapi memiliki banyak keunggulan dibandingkan laptop biasa.


Coba lakukan pengujian dengan perangkat lunak apa pun, Anda tidak akan menyangkal bahwa desktop jauh lebih kuat daripada laptop. CPU dari prosesor PC Desktop biasa memiliki daya pemrosesan yang lebih tinggi daripada laptop. Jika Anda ingin menjalankan perangkat lunak berat seperti Auto Cad, Photoshop, 3DMAX, Maya, Light-room..dll yang mungkin membuat laptop Anda melambat tetapi Anda dapat menjalankannya dengan mudah di komputer desktop pribadi.

Upgrade desktop lebih mudah dibandingkan dengan Laptop. Tidak ada alasan untuk berpikir itu mungkin membahayakan komponen internal atau motherboard selama upgrade. Ini bekerja dengan baik! Sedangkan laptop upgrade sebenarnya cukup mahal. Baik perangkat lunak dan suku cadang yang diperlukan untuk peningkatan harganya mahal. (Contoh Upgrade Harddisk desktop akan 30% lebih murah dibandingkan dengan Harddisk laptop)

Sekarang bagaimana dengan perbaikan perangkat, sementara memutakhirkan desktop lebih murah daripada memutakhirkan laptop. Memperbaiki desktop juga lebih murah daripada memperbaiki laptop. Juga, lebih mudah untuk menemukan suku cadang untuk komputer desktop seperti yang telah ada selama ini. Dan untuk laptop, sebaliknya, karena Anda mungkin berakhir dengan sia-sia. (Banyak model cadangan laptop bahkan tidak diproduksi untuk dijual terpisah)

Jika Anda membandingkan laptop dengan komputer desktop, desktop lebih murah bahkan dengan spesifikasi yang sama dengan laptop.

Bagi mereka yang suka menonton film atau melakukan tugas media di monitor besar, komputer desktop adalah satu-satunya yang dapat dipilih karena Anda dapat menghubungkannya ke beberapa monitor. Nah, satu lagi keuntungan dari desktop dibandingkan laptop adalah kemungkinan kerusakan pada laptop lebih daripada komputer desktop saat bepergian

Jadi data Anda memiliki peluang lebih tinggi untuk aman jika disimpan di PC komputer desktop dibandingkan dengan laptop. Sekarang, kemungkinannya ada di Desktop. Anda mungkin ingin tahu apakah ada kelebihan laptop dibandingkan komputer pribadi. Nah, ternyata ada!

Anda mungkin tahu laptop bersifat portabel. Jika Anda ingin bekerja jauh atau saat bepergian. Lebih nyaman menggunakan laptop. Karenanya, laptop memberi Anda kebebasan untuk memilih tempat kerja.

Laptop adalah pilihan yang populer di kalangan generasi muda. Di mana pekerjaan dan sekolah sekarang sepenuhnya diselesaikan dengan komputer, sangat tidak mungkin untuk meninggalkan komputer sehingga kesimpulan logisnya adalah memiliki laptop; sebuah perangkat yang bisa dibawa kemana-mana.

Dalam hal ruang, laptop membutuhkan waktu kurang dari desktop. Sekarang Anda mungkin mengerti bagaimana desktop memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan laptop. Tetapi dua poin terpenting adalah kekuatan pemrosesan dan portabilitas. Anda mungkin menghabiskan uang lebih banyak untuk laptop jika tidak berfungsi seperti yang diinginkan. Ini akan membuang-buang uang hasil jerih payah Anda. Desainer dan pengembang kebanyakan menggunakan komputer desktop yang kuat dengan kekuatan pemrosesan yang lebih besar. Tetapi jika Anda mencari sesuatu yang portabel maka pilihan Anda adalah laptop. Jadi, penting bagi Anda untuk menganalisis kebutuhan Anda sebelum membuat pilihan.